Rabu, 01 Mei 2013

Materi Pkn SD kelas IV Semester 1



Materi Pkn SD kelas IV Semester 1
Standar Kompetensi   : Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
MENGENAL PEMERINTAHAN DESA
Dan
KOTA KITA
A.    Desa
Lembaga pemerintahan dibawah kecamatan adalah desa/kelurahan. Dalam pemerintahan kita, desa atau kelurahan merupakan lembaga pemerintahan paling bawah di negara kita. Wilayah desa/kelurahan adalah gabungan dari beberapa Rukun Warga. Bila desa sudah maju , desa dapat ditingkatkan menjadi kelurahan. Sebuah desa dipimpin oleh kepala desa. Kepala desa bukanlah pegawai sipil. Ia dipilih secara langsung oleh warga melalui pilkades. Kepala desa dibayar dengan tanah kas desa yang biasa disebut dengan bengkok. Kepala desa boleh mengerjakan tanah itu selama dia menjabat. Bila ia pensiun , tanah itu akan dikembalikan ke pemerintah desa tersebut.
Dalam menjalankan tugasnya, kepala desa dibantu oleh perangkat desa. Perangkat desa disesuaikan dengan kebutuhan didesa. Yang termasuk perangkat desa misalnya sekretaris desa, pamong desa, dan perangkat desa lainnya.
Dalam penyelenggaraan pemerintah desa dibentuk Badan Permusyawaratan Desa, yang berfungsi sebagai lembaga pengaturan dalam penyelenggaraan pemerintahandesa seperti        :
a.       Pembuatan dan pelaksanaan peraturan desa
b.      Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
c.       Berbagai Keputusan Desa

B.     Kelurahan
Lembaga pemerintahan yang setingkat dengan Desa adalah Kelurahan. Wilayah kelurahan merupakan gabungan dari beberapa Rukun Warga. Pemerintah desa dan kelurahan merupakan unsur pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

C.     Kecamatan
Kecamatan merupakan gabungan dari beberapa desa atau kelurahan. Sebuah kecamatan dipimpin oleh seorang camat. Wilayah desa yang sudah mampu dan maju dapat berubah statusnya menjadi kelurahan.
Di wilayah kecamatan ada 3 unsur pemimpin yang mempunyai peranan penting. Ketiga unsur tersebut adalah
1.      Camat
2.      Komandan Rayon Militer
3.      Kepala Kepolisian Sektor
D.    Struktur Organisasi Kabupaten/ Kota
1.      Wilayah Kabupaten
Wilayah kabupaten merupakan gabungan dari beberapa kecamatan. Ada wilayah kabupaten/kota yang terdiri atas dataran rendah, bukit, gunung, dan lain sebagaiannya.

2.      Pemerintah Kabupaten Kota
Pemerintah Kabupaten dipimpin oleh seorang Bupati. Pemerintah Kota dipimpin oleh seorang Wali kota. Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pemerintah kabupaten menggunakan asas otonomi. Artinya pemerintah kabupaten/kota berhak mengatur dan mengurus daerahnya sendiri.

3.      Kepala Daerah
Setiap daerah dipimpin oleh kepala pemerintah yang disebut kepala daerah. Pemerintah kabupaten disebut bupati. Sedangkan untuk wilayah kota dipimpin oleh seorang walikota. Dalam menjalankan tugas sehari-hari bupati dibantu oleh seorang wakil bupati, dan wali kota juga dibantu oleh seorang wakil wali kota.

4.      Unsur – unsur di Pemerintah Kabupaten/ Pemerintah Kota
a.       DPRD ( Dewan Perwakilan Rakyat Daerah )
b.      Bupati/ wali kota
c.       Komando Distrik Militer
d.      Kepolisian Resort
e.       Kejaksaan Negeri
f.       Pengadilan Negeri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar