Rabu, 01 Mei 2013

Materi IPS Kelas 4 Semester 2



Materi IPS Kelas 4 Semester 2
Standar Kompetensi   : Memahami gejala alam yang terjadi di indonesia dan sekitarnya.
PERISTIWA ALAM INDONESIA
Dan
NEGARA- NEGARA TETANGGA
A.    Mengenal peristiwa alam
Gejala alam adalah peristiwa alam yang terjadi karena pengaruh yang ditimbulkan oleh alam itu sendiri. Ada peristiwa alam yang bermanfaat oleh alam itu sendiri. Ada peristiwa alam yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ada pula peristiwa alam yang merugikan, bahkan ada juga yang membahayakan manusia. Hujan, kemarau, mendung, cerah, panas, dan dingin merupakan contoh peristiwa alam yang membawa manfaat bagi kehidupan manusia. Sedangkan banjir, gunung meletus, longsor, badai, dan angin topan adalah peristiwa alam yang merugikan manusia. Oleh karena itu, peristiwa tersebut sering disebut dengan bencana alam.
Bencana alam yang terjadi hampir diseluruh dunia. Gejala sangat erat kaitannya dengan kenampakan muka bumi. Seca umum, kenampakan muka bumi Indonesia dan negara tetangga anggota ASEAN hampir sama. Dapat dikatakan bahwa gejala alamnya pun hampir sama.
1.      Peristiwa alam karena faktor alam itu sendiri
a.       Gempa bumi
Gempa bumi adalah gerakan atau goncangan pada lapisan kerak bumi yang terjadi karena penaruh gerak inti bumi. Panas dan tekanan inti bumi mengakibatkan terjadi lipatan atau patahan pada lapisan kerak bumi.
Gempa bumi dapat mengakibatkan kerusakan bumi. Gempa bumi bisa disebabkan oleh aktifitas gunung api. Peristiwa semacam ini disebut gempa vulkanik. Gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas lempeng tektonik disebut gempa tektonik.
b.      Letusan gunung api
Gunung api adalah gunung yang masih mengeluarkan api atau asap karena cairan yang sangat panas didalam perut bumi. Cairan ini terdapat di lapisan inti bumi dan dinamakan magma
Pada waktu gunung meletus, magma itu disemburkan keluar. Cairan panas yang keluar dari perut bumi pada saat gunung api meletus disebut lahar.
Selama letusan gunung api berlangsung, banyak lahan material yang dimuntahkan, antara lain batu padat besar yang terbentuk dari lava yang membeku dan batu kecil atau kerikil yang biasa disebut lapili. Materi paling kecil yang dimuntahkan oleh gunung api adalah abu halus.
c.       Banjir
Banjir adalah genangan air yang mengalir deras dengan ketinggian melebihi tingkat normal. Pada saat banjir , air akan menggenangi sebagian besar daratan yang biasanya tidak digenangi air.
Banjir dapat terjadi karena saluran air atau sungai yang meluap. Banjir dapat pula terjadi karena air laut yang mengalami pasang melebihi biasanya. Banjir yang sangat berbahaya adalah banjir bandang. Banjir andang merupakan banjir dasyat yang terjadi dengan tiba tiba dan bersifat menghanyutkan.
Penyebab utama banjir di indonesia adalah curah hujan yang tinggi dan keadaan alam yang rusak. Kerusakan alam sering terjadi akibat ulah manusia yang tidak peduli terhadap lingkungannya .
d.      Angin topan
Angin topan disebut juga angin ribut. Angin topan biasa terjadi saatpergantian musim. Angin topan bertiup sangat kencang. Angin topan terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara yang sangat besar. Udara mengalir dari daerah yang bertekanan udara tinggi ke tekanan udara yang sangat rendah. Angin topan yang sangat besar bisa mengakibatkan terjadinya hujan deras.
e.       Perubahan musim
Setiap tahun negara-negara dikawasan Asia Tenggara mengalami musim kemarau. Pergantian musim hujan dan musim kemarau. Pergantian musim hujan dan musim kemarau merupakan gejala alam yang biasa terjadi setiap tahunnya. Bencana yang sering terjadi pada musim kemarau antara lain kebakaran dan kekeringan. Kebakaran dan kekeringan sering terjadi di negara-negara kawasan Asia Tenggara.
2.      Perilaku manusia yang merusak alam
a.       Menebang hutan secara liar
Negara kita memiliki hutan yang sangat luas. Hutan kita kaya dengan berbagai jenis tanaman. Menebang pohon di hutan secara liar dapat menimbulkan kerusakan hutan. Hutan menjadi gundul dan gersang. Berbagai flora dan fauna mungkin akan punah karena ulah manusia.
Hutan yang gundul tidak akan bermanfaat bagi manusia dan kehidupannya, melaikan mendatangkan bahaya dan becana alam. Hutan yang gundul tidak dapat menahan air huja yag datang, sehingga dapat menyebabkan banjir. Dan pada saat musim kemarau akan mengalami kemarau total.
b.      Ladang berpindah
Ladang berpindah merupakan proses membuka lahan dengan cara membakar hutan. Setelah dibakar, kemudian lahan tersebut digarap dan ditanami bahan pangan.
Dampak yang terjadi bukan hanya kerusakan komunitas hutan, namun juga menimbulkan asap yang membahayakan kehidupan umat manusia dan makhluk lainnya.

c.       Membuang sampah sembarangan
Sampah atau limbah adalah barang-barang buangan atau sisa-sisa kegiatan rumah tangga dan pabrik.Misalnya bungkus roti, botol ekas , dan lainnya. Jika sampah dibuang ke kali sembarangan tempat, akan mengakibatkan pendangkalan kali atau sungai tersebut. Jika sampah sisa industri dibuang ke kali atau laut akan menimbulkan pencemaran air sungai dan air laut yang merusak komunitas sungai dan laut.
d.      Penggalian barang tambang
Barang tambang banyak jenisnya, misalnya logam dan batu bata. Indonesia adalah negara yang kaya akan barang tambang. Penggalian barangtambang dengan tidak mempertimbangkan keadaan tempat penambangan dapat menimbulkan bencana bagi makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya.
Areal bekas galian yang dibiarkan, berupa lubang-lubang besar dan tebing yang curam, dapat menimbulkan bencana yang mengancam kelestarian makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar